-->
aOGEZI57OQn5yP1hBMFB2o83mW9XQR0xpYfzSrtQ

Tanjung Tobirudu, Pesona Bahari Yang Tersembunyi di Lembata

Lembata memiliki puluhan pantai dengan daya tarik yang berbeda pada tiap pantainya. Salah satu pesona bahari yang sempat saya kunjungi adalah Tanjung Tobirudu. Kebetulan tempat ini berada di wilayah desa Saya.

Tempat ini terletak 500 mater dari Desa Lolong. Kalau dari pantai pasir putih Mingar sekitar 1 km. Tanjung tobirudu berada di Desa Lolong, yang tergabung dalam wilyah kecamatan Nagawutung. 
Menikmati debur ombak di tanjung tobirudu.
Foto : Wandy Punang 
Tanjung Tobirudu memiliki pesona yang unik. Kawan pernah mendengar bunyi yang dihasilkan oleh hantaman ombak pada gua dekat air laut lalu menyemburkan udara ke atas lantas menghasilkan bunyi yang mengagetkan? di tempat ini menyajikan sensasi yang demikian.

Tempat ini menghadap langsung ke Laut Sawu. Laut lepas ini membuat ombak di tanjung ini sangat kuat. Hantaman ombak pada gua dan batu karang juga mengasilkan semburan air yang cukup tinggi diiringi desus angin yang keluar dari sela-sela batu.

Dalam bahasa setempat,  tempat ini disebut Snegur.

Pada saat tertentu saat laut sawu sedang dalam masa mengamuknya, bunyi dari tanjung tobirudu ini terdengar hampir 1 km jauhnya. Bayangkan saja Kawan berada dekat disitu saat bunyi yang dapat didengar di jarak 1 km ini?.

Hemp..Sensasi ini pas buat kawan yang suka berpetualangan dan doyan akan tantangan.

Tanjung tobirudu juga menyuguhkan pemadangan laut lepas yang bersih dari atas tebing yang tingginya hampir 30 meter. Pada pagi hari kawan dapat menikmati sunrise yang muncul dari balik bahu gunung Labalekan. Lalu menikmati sunset yang jatuh di tanjung naga.

Tak hanya itu, tempat ini memberikan sebuah pengalaman memancing yang baik. Kita hanya berdiri di atas batu karang dan melempar umpan ke dalam laut yang dalamnya kurang lebih 20 meter.

Tempat ini sering dijadikan tempat perlombaan memancing yang diselenggrakan oleh Pemerintah Desa Setempat.

Untuk mencapai tempat ini, kawan akan membutuhkan waktu 2 jam menggunakan mobil dan satu setengah jam menggunakan sepeda motor dari Lewoleba (Ibukota Kabupaten) .

Tempat ini belum dimasukan dalam daftar resmi wisata bahari kabupaten Lembata, tetapi tidak ada salahnya kawan dapat berpetualang di tempat yang juga mampu bersaing dengan pesona tanjung lainnya.

Saya menantikan ceritamu kawan!
Related Posts
Wandy Punang
Senang Belajar Otodidak

Related Posts

Post a Comment