-->
aOGEZI57OQn5yP1hBMFB2o83mW9XQR0xpYfzSrtQ

Begini Pentingnya Arisan Bagi Perantau

Arisan telah lama dikenal di Indonesia namun tidak diketahui siapa yang pertama kali mencetuskan metode ini, dan kapan sistem ini mulai digunakan. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, arisan adalah kegiatan mengumpulkan uang atau barang yang sama nilainya lalu diundi diantara mereka, untuk menetukan siapa yang memperolehnya. Undian ini dilakukan secara berkala sampai semua anggota mendapatnya.
Arisan dapat kita temui di desa sampai di perkotaan. Nilai uang dan barang yang dikumpulkan dalam sebuah arisan sangatlah berfariatif , dari ratusan ribu bahkan ada yang sampai jutaan rupiah. Di perkotaan dapat kita temui sangat banyak kelompok arisan. Salah satu kelompok yang saya temui adalah kelompok arisan yang lahir karena rasa kekeluargaan yaitu karena berasal dari satu daerah. Berikut Saya paparkan beberapa manfaat arisan bagi seorang perantau yang mengikuti arisan dalam komunitas daerah asalnya. 

1. Sebagai ajang berkumpulnya keluarga yang berasal dari daerah yang sama. Silahturahmi ini akan memupuk rasa persatuan dan kesetiakawanan. bersosialisai dengan sesama yang berasal dari daerah yang sama pasti akan meningkatkan keakraban, persatuan juga rasa persaudaraan yang kokoh. Persaudaraan akan semakin terasa saat mereka bertemu dan saling berbagi cerita. 
2. Saatnya untuk menawarkan barang dan jasa. Ada berbagai macam profesi yang akan digeluti ketika seeorang telah berada di kota atau tempat perantauan. Salah satu profesi yang Saya temui adalah Sales atau penjual. Nah,di saat arisan inilah sebagaian orang datang dengan tujuan juga untuk menawarkan barang dan jasa. Atau juga apabila ada hasil produksi rumahan atau bisnis MLM, biasanya moment arisan ini digunakan untuk promosi. 
3. Sebagai sarana untuk mendapatkan informasi lowongan kerja. Walaupun ada yang merantau untuk berwirausaha, namun perantau juga identik dengan orang yang mencari pekerjaan. Arisan punya salah satu manfaat untuk bisa mendapatkan infomasi lowongan kerja yang lebih baik. Karena rasa kekeluargan dan persatuan, teman-teman arisan pasti ingin sekali kita juga segera mendapatkan pekerjaan yang baik dan tepat. Disanalah kita dapat menemukan informasi lowongan kerja yang pasti. 
4. Dapat menemukan makanan khas dari daerah asal. Moment arisan bagi perantau dan pada orang Indonesia umunya, tidak terasa lengkap bila tidak ada acara makan. Di saat inilah, biasanya ibu-ibu kadang menyiapkan makanan khas daerah asal komunitas ini. 
5. sebagai alat untuk menghilangkan kebosanan. Bagi seorang pekerja yang bekerja seminggu full, ini adalah salah satu solusi menghilangkan jenuh yang baik karena arisan dilakukan secara bergilir di rumah-rumah peserta. Hal ini pasti membawa suasana yang baru yang dapat mengusir jenuh. Kadangkala, arisan juga dapat dilakukan di tempat wisata, kafe, dan lain sebagainya. 
6. Sebagai Persiapan Dana Darurat. Salah satu kebiaasan arisan adalah semua peserta bisa diajak kompromi. Maksudnya, apabila seseorang peserta yag terkena musibah lalu ingin sekali mendapatkan dana yang terkumpul dalam arisan itu, semua itu masih bisa ditolerir. Karena segenap peserta sudah punya rasa kekeluargaan dan persaudaraan. 
7. Sebagai sarana membahas masalah daerah. Masih ditemui bahwa moment arisan masih dipakai sebagai sarana untuk membahas masalah yang terjadi di daerah asalnya. Diskusi dan pembahasan kadang melahirkan sebuah ide dan solusi untuk ikut serta dalam membangun daerah asalnya. 

Demikianlah beberapa manfaat arisan yang Saya alami dan rasakan selama masih menyandang predikat perantau. Semoga informasi ini berguna bagi sahabat. Sekian !
Related Posts
Wandy Punang
Senang Belajar Otodidak

Related Posts

Posting Komentar