-->
aOGEZI57OQn5yP1hBMFB2o83mW9XQR0xpYfzSrtQ

Manfaat Terumbu karang dalam Air laut

Setelah mendengar sebuah kapal pesiar dari Inggris yang kandas di Raja Ampat beberapa waktu lalu , apakah menggugah perasaanmu kawan..? Kapal itu dilaporkan bahkan telah merusak karang di raja ampat seluas 1600 meter persegi. Catatan Pusat Penelitian Sumber Daya Laut Universitas Papua, kawasan terumbu karang yang rusak itu terdapat 8 genus terumbu karang. Di antaranya acropora, porites, montipora dan stylophora.Sungguh memprihatinkan karena karang untuk kembali indah seperti sebelumnya butuh 10 tahun kawan...sungguh waktu yang lama kan..?
Source : www.kumparan.com
Kawan mungkin sudah sering membaca dan mendengar manfaat terumbu karang itu dari berbagai aspek. Saya membatasi semuanya itu dan memfokuskan pada manfaatnya dalam air laut. Sebelum kita melangkah lebih jauh, kita perlu mengetahui apa itu Terumbu karang. Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanthellae. Terumbu karang termasuk dalam jenis filum Cnidaria kelas Anthozoa yang memiliki tentakel.

Terumbu karang pada umumnya hidup di pinggir pantai kurang lebih 50 meter di bawah permukaan laut. Beberapa tipe terumbu karang dapat hidup jauh di dalam laut dan tidak memerlukan cahaya, namun terumbu karang tersebut tidak bersimbiosis dengan zooxanhellae dan tidak membentuk karang. Keberadaan terumbu karang yang hidup di kurang dari 50 meter di bawah laut itu ternyata sangat berpengaruh terhadap kelangsungan ekosistem di dalam air laut. Berikut adalah Manfaat Terumbu Karang dalam air laut :

1. Terumbu karang adalah hutan di lautan.
Sebagaimana hutan rimba yang ada didarat, terumbu karang adalah habitat terpenting bagi seluruh kehidupan dilaut. Terumbu karang menjadi tempat hidup berbagai jenis ikan, udang atau lobster, kepiting, kerang, serta makhluk hidup lainnya. Terumbu karang bisa disebut sebagai ujung tombak kehidupan biota laut. Hal tersebut karena terumbu karang inilah yang menjadi kawasan tempat tinggal utama, sekaligus sebagai sarana mencari makan bagi berbagai jenis biota laut. Tak tanggung-tanggung, apabila kehidupan terumbu karang ini rusak, maka kehidupan berbagai biota laut di sekitarnya pun akan berakhir.

2. Sebagai tempat perlindungan bagi semua jenis ikan saat mereka mencari makan.
Seperti di darat seorang yang memburu mangsa harus bersembunyi di balik pohon atau apapun itu untuk bisa mendaptkan mangsanya. lalu sebagai calon mangsa juga pasti mereka akan membutuhkan tempat perlindungan. Nah apabila tidak ada terumbu karang, bisa jadi yang berkeliaran di dalam laut adalah hewan-hewan pemburu ataupun pemangsa tingkat akhir.

3. Penyerap Racun
Semua sungai pastilah bermuara di laut, dan air sungai-sungai ini biasanya terkontaminasi berbagai zat dari limbah rumah tangga dan lain-lain yang berasal dari darat. Zat-zat tersebut akan dinetralisisr oleh terumbu karang sebelum masuk ke laut lepas, namun dengan batas yang masih bisa dinetralisir oleh terumbu karang. Tanpa adanya terumbu karang, maka laut akan terkontaminasi banyak zat tidak ramah lingkungan dan berdampak pada ikan dan kepiting yang akan dimakan manusia.

4. Pelindung ekosistem pantai.
Terumbu karang akan menahan dan memecah energi gelombang sehingga mencegah terjadinya abrasi dan kerusakan di sekitarnya. Dari segi fisik terumbu karang berfungsi sebagai pelindung pantai dari erosi dan abrasi, struktur karang yang keras dapat menahan gelombang dan arus sehingga mengurangi abrasi pantai dan mencegah rusaknya ekosistim pantai lain seperti padang lamun dan mangrove .

Nah itu kawan beberapa manfaat terumbu karang yang saya sarikan dari berbagai sumber. Semoga dapat memberikan informasi yang baik karena hal-hal tersebut merupakan hal terpenting yang harus diketahui mengenai kegunaan terumbu karang bagi kehidupan di bawah air laut. Semoga dengan memahami fungsi terumbu karang dalam air laut ini, diharapkan adanya kesadaran untuk menjaga kelestariannya dan dapat terus ditingkatkan dari hari ke hari. Semoga kita semua tetap menjaga kesehatan dan keamanan terumbu karang di Indonesia. Salam
Related Posts
Wandy Punang
Senang Belajar Otodidak

Related Posts

Posting Komentar