-->
aOGEZI57OQn5yP1hBMFB2o83mW9XQR0xpYfzSrtQ

Makalah Agama Katolik, Musik Dalam Liturgi Sakramen Perkawinan

Salam Pembaca web-blog WP Info. Kali ini Saya akan membagikan sebuah makalah yang Saya buat sewaktu masih mengenyam pendidikan di kampus. File makalah ini tersimpan sudah beberapa tahun dalam hard disk komputer Saya.

Yah, daripada ini tersimpan saja di laptop, lebih baik Saya bagikan di web-blog sederhana ini, sehingga sahabat yang sedang mencari referensi untuk membuat sebuah makalah agama katolik  dapat menjadikan ini sebagai contoh. 

Latar Belakang 
Kaum muda adalah orang yang berada pada batas usia tertentu. Dan di manapun, sosok pemuda selalu menarik perhatian banyak orang. Orang tidak hanya menyebut adanya kaum muda, tetapi selalu disertai dengan segala masalah dan persoalan yang menghinggapi kehidupan mereka. Ada anggapan bahwa kaum muda adalah sosok yang sangat menentukan adanya masa depan yang meyakinkan serta penuh harapan. Kaum muda tidak hanya ada dan hadir , tetapi banyak pihak yang menaruh harapan kepada mereka. 

Pada masa-masa di mana anak muda berusaha untuk menemukan jati diri dan karakter pribadi yang sesungguhnya, mereka bergabung dalam suatu organisasi yang memfasilitasi mereka untuk mencapai tujuan yang mereka cita-citakan. Ketika mereka berusaha mencari jati diri, mereka tidak takut mengekspresikan diri sedemikian rupa. Remaja katolik yang terjun baik secara langsung atau tidak langsung dalam kehidupan menggereja akan berpengaruh terhadap perkembangan kehidupannya. 

Kehidupan menggereja kaum muda di Paroki Ratu Pencinta Damai, Jl. Pogot baru Surabaya , sekelompok kaum muda (termasuk penulis) telah tergabung dalam suatu kelompok paduan suara yang diberi nama “Mater Dei Choir”. Perjalanan 3 tahun telah dilalui kelompok paduan suara ini. Mater Dei Choir (MDC) tidak hanya menyumbang suara pada perayaan ekaristi di tempat paroki asal, tetapi juga telah menyumbang ke beberapa paroki tetangga di daerah Surabaya. Dalam perkembangannya, MDC berkreatifitas dengan menerima pelayanan bernyanyi (koor) pada saat pemberkatan sakramen Perkawinan. 

Dalam memenuhi permintaan menyanyi pada saat sakramen perkawinan, lagu yang dinyanyikan oleh MDC terdiri dari beberapa lagu yang telah dikoleksi oleh MDC. kadangkala pemilihan lagu pada saat pemberkatan sakramen perkawinan, mengikuti permintaan dari kedua mempelai yang akan melangsungkan sakramen perkawinan. Pemilihan lagu Pop yang dimasukan dalam tata perayaan sakramen perkawinan haruslah menjadi perhatian gereja setempat. 

Bersikap kritis dalam pemilihan nyanyian perkawinan sangatlah diperlukan. Sebagaimana suatu nyanyian terdiri dari syair dan melodi, maka sikap kritis tentu berlaku atas syair dan melodi nyanyian yang dipilih. Nampaknya orang cenderung jatuh pada melodi yang indah, sangat menyentuh hati, dan kalau bisa saat dinyanyikan entah oleh siapa, semua yang hadir bisa terharu, kalau bisa sampe menangis. Kalau toh tidak semua terharu, biarlah keluarga mempelai yang terharu, kalau mereka juga tidak, biarlah kedua mempelai yang terharu. 

Rumusan Masalah 
Berdasarkan latarbelakang masalah yang telah diuraikakan diatas, maka penulis merasa tertarik untuk menyajikannya dalam sebuah karya tulis dengan rumusan masalah yang diangkat yakni “ Bagaimanakah music liturgi dalam sakramen perkawinan ?” 

Tujuan penulisan 
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah : 
1. Untuk mengetahui music liturgi yang cocok dipakai dalam liturgi sakramen perkawinan menurut aturan gereja katolik. 
2. Memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti kuliah agama katolik pada Universitas Hang Tuahn Surabaya.

Apabila kawan membutuhkan file lengkapnya bisa mendowload disini . Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan jejakmu pada kolom komentar dibawah ini. Selamat menulis makalahmu,Tuhan beserta kita. 
Related Posts
Wandy Punang
Senang Belajar Otodidak

Related Posts

Posting Komentar