-->
aOGEZI57OQn5yP1hBMFB2o83mW9XQR0xpYfzSrtQ

Penjelasan Logo OMK Stasi Lewoblolong

Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan lain sebagainya. Dengan adanya logo, akan mudah bagi orang lain untuk mengenali sebuah perusahaan atau organisasi tersebut. 

Ada sebuah organisasi anak muda gereja katolik yang menamakan diri OMK Santo Paulus Stasi Lewoblolong. Organisasi ini telah membuat sebuah Logo yang akan dipakai selama organsasi ini berjalan. (Stasi adalah sebuah istilah kewilayahan dalam gereja katolik atau dalam bidang pemerintahan bernama Desa).

Logo ini dibuat bermula dari pangamatan Seksi Pendidikan Generasi Muda (PGM) Stasi lewoblolong akan kebutuhan sebuah tanda untuk membedakan organisasi ini dengan organisasi sejenis di Stasi Lain. Seksi PGM saat ini memandang perlu dibuatnya sebuah lambang untuk menjelaskan tentang organisasi serta filosofi yang dianut oleh seluruh anggota organisasi.

Oleh karena itu, Setelah menjalin komunikasi dengan salah satu putra asal stasi lewoblolong yang juga adalah OMK yang berada di kota Yogyakarta, maka terciptalah lambang OMK Stasi Lewoblolong dengan gambar juga penjelasannya dibawah ini.

Logo OMK
Desain Oleh : Sun Punang

Penjelasan Setiap Unsur Dalam Logo :

Siluet Manusia atu Orang Sedang Melompat . Menggambarkan Orang Muda Katolik dengan jiwa muda yang penuh semangat, penuh sukacita dan energik. Hendaklah Orang Muda menggunakan semngat enerjiknya untuk selalu melayani Tuhan dan sesama





Kitab Suci Injil berisi sabda Allah, merupakan nyawah dari iman kita. Siluet ini kiranya menjadi motivasi bagi Orang Muda untuk membaca, merenungkan dan mengamalkan sabda Tuhan. Ini juga menjadi simbol bahwa Orang Muda Katolik harus menjadi Injil yang hidup melalui setiap kata dan perbuatan, agar semua orang dapat mengenal Yesus dalam diri Orang Muda Katolik.

Salib Kristus adalah lambang Cinta dan Pengorbanan tanpa pamri. Kristus adalah Tuhan, Guru, Sahabat, juga teladan iman bagi Orang Muda Katolik. Mengikuti Kristus harus siap menyangkal diri dan memikul salib. Siluet ini menggambarkan 4 orang menggotong atau mengangkat salib. 
Orang Muda katolik dengan jiwa muda yang penuh semangat, siap bahu membahu memikul salib mengikuti Yesus sang Guru, dengan meneladani semangat pewartaan St. Paulus berani menjadi Injil yang hidup agar semakin banyak orang yang sungguh-sungguh mengenal dan mengimani Yesus Kristus.



Sesuai urutan penjelasan di atas, maka Orang Muda harus terlebih dahulu hidup meneladani Yesus, agar bisa menularkannya kepada orang lain. Jadi, Logo ini bukan saja untuk menunjukkan kepada dunia tentang siapa itu Orang Muda katolik, tapi juga menjadi cermin atau pedoman hidup bagi Orang Muda Stasi Lewoblolong itu sendiri.


Penjelasan Duc In Altum

Duc in Altum - Bertolaklah ke tempat yang Dalam. Inspirasi: Lukas 5:1-11 . “Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan.” Demikian Yesus bersabda kepada Simon. Sesungguhnya dalam keadaan galau seperti itu godaan untuk mengabaikan sabda Allah sungguh besar. Namun dengan iman-nya, Simon menuruti Yesus, dan hasilnya dia hampir terjungkal oleh ikan hasil tangkapan.

Sungguh besar belas kasih dan indah rencana-Nya bagi kita. Dan luar biasa refleksi iman Simon yang tidak terbuai oleh hasil duniawi. Dengan segera dia tersungkur dan berkata: “Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa.”  Bukankah Yesus datang untuk orang berdosa? Lebih dari itu, Dia telah merencanakan agar Simon Petrus menjadi Rasul yang mewartakan sabda-Nya bagi banyak manusia. “Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia.” 

Perhatikanlah ada sesuatu yang indah ketika Petrus yang kecewa dan hendak membereskan jalanya didatangi Yesus dan meminta menolakan perahunya untuk dipakai mengajar. Setelah itu, Dia berkata kepada Petrus; “Duc in Altum = Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu.” Petrus yang ragu karena semalaman tidak mendapatkan apa-apa, kini di hatinya ada seberkas harapan (walaupun masih samar-samar tapi ia mau percaya) sehingga ia berkata; “Telah semalaman kami bekerja dan tidak mendapatkan apa-apa, tapi karena Engkau menyuruhnya maka aku akan menebarkan jalan juga.” Dan, akhirnya banyak ikan tertangkap.

Namun, akhir dari kisah ini sungguh menjadi sesuatu yang patut direnungkan; Menyadari akan kebaikan Allah yang terberi kepada dirinya tanpa memperhitungkan siapakah dia, Petrus merendahkan diri di hadapan-Nya sambil berkata; “Pergilah daripadaku Tuhan, karena aku ini seorang berdosa.” Tapi Tuhan menjawabnya; “Jangan takut! Mulai sekarang, kamu akan kujadikan penjala manusia.”

Pelajaran penting yang bisa kita renungkan dari kisah ini, dan yang telah dituangkan dalam logo ini yaitu; 

1. Biarlah perahu tubuhmu dipakai oleh Tuhan untuk mewartakan cinta dan firman-Nya. Karena tubuh maupun terlebih lagi untuk jiwamu, akan mendapatkan sumber kebahagiaan karena Yesus sendiri bersemayam di sana. Dalam Logo Ini, OMK diharapkan selalu enerjik dan siap sedia melayani Gereja dan Masyarakat. Sifat dasar enerjik yan ada dalam tubuh OMK haruslah bisa dipakai dan dikontrol dengan baik sehingga tidak menimbulkan keresahan di Lingkungan masyarakat.OMK Perlu siap sedia mengambil bagian dalam tugas dan pelayanan gereja serta tanggap akan perubahan karena arus globalisasi.

2. OMK Stasi Lewoblolong diharakan untuk menjadi Jala dan Penjala. Kata-kata dan tingkah laku kita harus bisa mewartakan kasih Yesus sehingga dapat membawa orang lain kepada Yesus . Dengan kata lain, Anyamlah jala tutur kata dan perbuatanmu dengan penuh kelembutan agar orang lain pun bisa merasakan kehangatan cinta Yesus lewat tutur dan tingkah lakumu.

3. Dalam mewartakan kasih Allah,pasti banyak tantangan yang harus dihadapi. oleh Oleh karena itu OMK Stasi Lewoblolong diharapkan untuk saling membantu dan bekerjasama dalam mewartakan kasih Allah di tengah dunia. Saling mengingatkan bila ada yang keluar jalur, dan harus memiliki rasa kesetiakawan dan persatuan yang kokoh dalam organisasi ini.

4. Yesus sedang menumpang di setiap tubuh anggota OMK stasi Lewobolog , maka OMK perlu mendengar suara-Nya. Harus disadari bahwa OMK telah diberi perintah oleh Yesus agar tidak pernah takut ke dunia yang luas dan dalam, karena justru di tempat yang luas dalam-lah banyak tersimpan banyak pengetahuan dan pengalaman. seperti hasil tangkapan petrus yang banyak ketika ia mengikuti perintah Yesus untuk bertolak ke tempat yang lebih dalam.

5. OMK perlu meneladani sikap Petrus yang mengikuti perintah Tuhan untuk bertolak ke tempat yang dalam walau kondisi petrus masih dalam kebimbangan. Begitu pula dalam keseharian dan pewartaan akan kasih Allah, hendaklah anggota OMK mesti menggunakan semboyan “Duc In Altum” sebagai sebuah tameng kepercayaan diri terhadap segala tantangan yang muncul. Selalu percaya bahwa di dalam dunia yang luas,Tuhan telah menyiapkan lebih banyak ilmu dan rejeki. 

Demikian penjelasan dari Logo ini. . Untuk mengenal lebih jauh tentang desainer dari Logo ini, atau mungkin saja bermaksud untuk dibuatkan logo, silahkan cari Halaman SMart Partitur Info di Facebook.

Akhir kata, kritik dan saran dari sahabat pembaca web-blog ini sangat kami butuhkan untuk menyempurnakan pelayanan dan pewartaan kami kepada generasi muda penerus gereja dan bangsa ini. Santo Paulus dan Yesus menyertai setiap langkah kita. Salam dari Desa.
Related Posts
Wandy Punang
Senang Belajar Otodidak

Related Posts

5 comments