-->
aOGEZI57OQn5yP1hBMFB2o83mW9XQR0xpYfzSrtQ

Putar Musik di Smartphone, Tapi File di Laptop. Begini Caranya…!!

Halo sobat WP Info. Selamat bertemu kembali dalam tulisan sederhana Saya kali ini. sudah 
lama tidak menerbitkan tulisan di weblog ini karena kesibukan yang lain . Okey …Tulisan yang sedang kawan baca ini bermula dari sebuah ujicoba yang sukses Saya jalankan, dan saat ini masih Saya gunakan untuk menemani menulis artikel ini. 
Kebutuhaan akan hiburan berupa musik merupakan kebutuhan yg diharapkan oleh setiap orang . Musik memang selalu memberi kesan tersendiri sehingga para penikmat musik selalu punya cara untuk selalu terhubung dengan musik walaupun sedang dalam aktivias lain dan jauh dari tempat menyimpan file musik . 

Setiap hari Saya mendengarkan musik . Kurang lebih, sehari Saya menmbutukan 5 jam lebih untuk mendengarkan musik. Entah di kantor atau di rumah Saya selalu menemani aktivitas Saya dengan mendengarkan musik via smartphone atau via laptop. Nah..pada saat mendengarkan musik di rumah, Saya selalu kesulitan untuk menjelajah dan memilih file musik yang pas dan sesuai dengan kemauan Saya, karena koleksi musik paling banyak tersimpan di hardisk laptop. Saya tidak mungkin harus berada di depan laptop untuk memilih file mp3 yg diputar sedangkan Saya harus berada di tempat usaha kios untuk melayani pembeli. Bolak balik kios dan rumah tempat menaruh laptop dan speaker pengeras suara kan capek Coy. Ini permasalahan yang Saya hadapi. Oleh Karena itu, munculah ide untuk bisa dapat menghubungkan kedua kepentingan ini. eits..tapi kalo anda berpikir bahwa solusinya adalah membeli tambah speaker dan menaruhnya di kios, maka artikel ini tidak bermanfaat, silahkan tekan tombol close dari weblog ini..Tapi kalo anda penasaran, mari lanjutkan membaca. 

Persiapan Bahan dan Alat 

1. Pastinya anda sudah punya laptop yang telah diinstal aplikasi “SHAREit” for windows. Kalau belum punya silahkan download melalui ini (www.ushareit.com).
2. Perangkat speaker aktif . (Tanpa speaker aktif pun tak jadi masalah) 
3. Sebuah smartphone yang didukung bluetooth dan wifi dan juga bisa diinstal aplikasi “SHAREit” for android. Shareit for android tersedia di Play Store 
4. Sebuah bluetooth audio external . (Kalo tidak ada juga tidak jadi masalah) 
Bluetooth eksternal hanya sekedar penghubung jarak jauh tanpa kabel dari Smartphone ke Speaker aktif apabila andaa ingin mendengar music dengan pengeras suara. Tanpa Bluetooth eksternal-pun music sudah bisa didengar di Smartphone. Harganya Cuma 50 ribu kok kawan. Semoga di kota-mu gak semahal ini yah.. 

Cara Menghubungkan Laptop, smartphone, dengan bluetooth dan speaker Aktif 

1. Hubungkan kabel monoaudio dengan bluetoth eksternal. 
2. Nyalakan Bluetotoh eksternal. bluettoth eksternal ini tanpa ada tombol daya jadi pastinya langsung On. biasanya dijual tanpa charger jadi saya mengunakan bekas charge smartphone yg berbentuk USB. kalau perangkat audio anda terdapat lubang USB, maka tancapkan saja disitu. USB dalam hal ini hanya sebagai penyalur arus listrik ke bluetooth eksternal supaya selalu On. 
3. Aktifkan Bluetooth pada smartphone, lalu hubungkan keduanya. (bluetooth eksternal dan bluetooth smartphone) 
4. Buka Aplikasi SHAREit yang terdapat pada smartphone dan juga pada laptop. 
5. Pada halaman muka SHAREit smartphone (setelah iklan) tekan tanda “empat Kotak” yang berada pada sudut kanan atas dan pilih “connect to PC” . Setelah itu SHAREit smartphone akan mencari dan mendeteksi SHAREit PC. Pilih nama ShareIt yang muncul. 
6. Setelah SHAREit PC (laptop) ditemukan dan terhubung, klik “tampilan jarak jauh” dan selanjutnya diminta persetujuan penyambungan pada SHAREit PC (laptop). Klik “Accept” pada SHAREit Laptop. Sampai pada tahap ini, kedua perangkat (smartphone dan laptop) sudah tersambung. 
7. Pilih nama Computer dan mulailah menjelajahi semua file Mp3 yang ada pada hardisk laptop. Selamat mendengarkan dan mengontrol musik mp3 dari jauh. 

Dari pengalaman ini, Saya menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 

1. Hardisk Laptop bertindak sebagai penyedia data atau file yang dapat dilihat dan didownload oleh perangkat mobile smartphone menggunakan SHAREit. 
2. Smartphone bertindak sebagai pusat kendali, sehinga semua file yang tersimpan dalam hardisk laptop akan terlihat di smartphone. 
3. Hanya file Mp3 yang bisa diputar langsung tanpa perlu didownload . tipe file berupa video akan diminta untuk mendownload dahulu dari laptop sebelum dilihat di smartphone karena SHAREit tidak dirancang untuk itu. 
4. SHAREit berfungsi sebagai penghubung antara laptop dan smartphone untuk menyediakan file mp3 yang diputar di Smartphone 
5. Bluetooth smartphone berfungsi sebagai penghantar suara dari smartphone ke Bluetooth eksternal audio, selanjutnya diteruskan ke speaker aktif. 
Apabila anda tidak ingin menggunakan Bluetooth dan speaker aktif, maka bisa disambungkan dengan headset atau earphone. Mudah kan..? 
6. Selama mp3 diputar SHAREit pada laptop dan smartphone tetap on. Apabila SHAREit smartphone diminimize maka akan diminta izin penyambungan kembali. 

Demikian catatan Saya mengenai cara menjelejahi computer dengan smartphone tanpa kabel ini. Ada berbagai cara yang masih bisa dicoba tetapi tergantung kemauan dan juga spesifikasi alat-alat kita. Okey Kawan….sampai disini dulu. Tetap semangat menjalani hari-harimu dengan musik, karena musik selalu menginspirasi dan menyemangati…Sampai jumpa pada tulisan Saya selanjutnya... Owh ya..terima kasih atas kunjunganmu di Webblog sederhana ini, dan jangan lupa tinggalkan comentarmu di kolom disqus dibawah ini. Salam dari Desa !
Related Posts
Wandy Punang
Senang Belajar Otodidak

Related Posts

3 comments