-->
aOGEZI57OQn5yP1hBMFB2o83mW9XQR0xpYfzSrtQ

Berbagi Pengalaman Membangun Blog Hingga Mulai Menghasilkan Rupiah.

Saya bukanlah seorang yang pintar dalam urusan coding dan menulis, tapi hari ini Saya layak disebut publisher dari google adsense, karena akun adsense Saya sudah disetujui penuh untuk menayangkan iklan. 

Pengalaman Saya dalam dunia blog Saya ceritakan dalam beberapa tahap, karena sampai sejauh ini Saya telah melewati tahap-tahap itu, dan Saya anggap penting dalam urusan blogging. 

Dari perjalanan blog WP Info Selama 3 tahun, inilah tahap yang Saya lalui sehingga layak diterima oleh Google Adsense.
1. Tahap pengenalan blogspot
Dosen mengenalkan kami sebuah media yang dapat digunakan untuk mempromosikan barang dan Jasa. Media itu adalah blogspot. Waktu itu artikel pada postingan pertama Saya, hanya berisikan review produk, kelebihan dan kekurangan produk serta informasi harga kepada pelanggan. 

Sayangnya artikel itu telah Saya hapus karena tidak sesuai dengan kebijakan google adsense. 

Pelajaran penting dari tahap ini adalah menyangkut bagaimana mengenal segala fitur yang ada dalam blogspot. Mulai dari postingan hingga pada bantuan blogger. 

Satu hal yang membuat Saya penasaran adalah ketika sampai pada fitur tema blog. Saya heran, bertanya dalam diri , mengapa blog lain yang notabene masih menggunakan subdomain blogspot, punya tampilan yang sangat menarik.

Sampai mata kuliah ini dinyatakan lulus dan dengan nilai yang memuaskan, tampilan blog Saya masih dengan tema default yang disediakan oleh blogspot dan hanya terdiri dari 2 artikel. Akhirnya Saya berinisiatif untuk otodidak mendalami tahap yang berikut ini. 

2.  Tahap mendalami template atau tema blog
Semua Saya lakukan secara otodidak dan dengan bantuan google search. Karena Saya adalah orang yang ingin tampil beda dan sedikit ada naluri seni, maka mulailah mendalami tema blog dengan mendownload tema gratisan yang banyak bertebaran di internet. 

Dalam mengedit tema blog ini, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan yaitu menyangkut back up atau download tema yang sudah didesain sehingga apabila ada kesalahan edit setelahnya, dapat kita kembalikan dengan mengupload tema yang telah tersimpan tadi. 

Yang berikutnya adalah harus mengetahui dimana letak menu blog yang ingin diedit dari tema bawaannya, serta memaksimalkan tombol ctrl+F untuk mencari kode, nama menu, dan nama-nama fitur dalam tema bawaan hasil download tadi. 

Waoow ini butuh waktu yang lama Sob. Hampir 3 tahun, karna masih harus berbagi kesibukan dengan mata kuliah lain. 

Selama itu, sedikit mulai ada perubahan dalam segi tampilan, namun sayang, jumlah artikel masih stuck di tiga artikel. 

Karena sibuk dalam tugas akhir, blog Saya yang dulu bernama www.sandalunik.blogspot. com itu terbengkelai dan hampir tidak ada pengunjung sama sekali. Saya hampir saja meninggalkan dunia blog karena pernah mencoba mendaftar menjadi publisher google ternyata ditolak karena blog belum siap dan konten tidak memadai. 

Tetapi karena semua yang Saya lakukan itu semata hanya hobi, akhirnya Saya memutuskan untuk lanjut pada tahap yang berikut. 

3. Tahap Memperbaiki kualitas Artikel
Artikel merupakan kunci keberhasilan sebuah blog. Pada awal bangun blog ini Saya hanya mempunyai beberapa artikel yang hanya terdiri dari 100 lebih kata, dan kebanyakan berisi gambar. 

Ini sangat dibenci oleh Google Sob. Saat Saya menerima email penolakan adsense Saya mulai bertekad untuk memperbaiki kualitas artikel Saya. Tujuannya adalah sekalian Saya berlatih dalam menulis.

Artikel yang Saya bangun adalah artikel yang bersifat abadi. Maksudnya adalah bahwa dalam beberapa tahun ke depan artikel saya masih tetap bermanfaat bagi Saya juga pembaca, dan sebagai arsip pribadi. 

Yah, ibarat penulis punya pustaka sendiri dalam blog. Kadang juga Saya tulis artikel yang mengkombinasikan artikel yang bersifat sesaat (berita) dan artikel yang bersifat abadi. Suku Punang :Dendam dan Damai dengan Suku Atawua , ini salah satu artikel atau konten sesaat dalam blog ini. 

4.Tahap Mendaftarkan Adsense. 
Tahap ini sangat dibutuhkan kesabaran Sob. Pantangan dari tahap ini adalah saat masa review blog, tidak boleh mengutak atik tema blog, tidak boleh memasang iklan dari pihak lain dalam blog serta meminimalisir tayangan blog oleh pemilik. 

Karena ini akan berdampak pada trafik yang tidak valid. Kalo trafik tidak valid, yah otomatis ditolak. 

Seperti yang sudah Saya tulis diatas, bahwa Blog Saya pernah direview pada tahun sebelumnya, maka waktu tunggu untuk menerima kabar dari google adsense pun lumayan lama. Hampir dua minggu Sobat. 

Saya hampir saja membatalkan pengajuan adsense. Owh ternyata Blog Saya langsung masuk dalam tahap review ke-2, dimana Saya tidak perlu menyiapkan sebuah widget kosong sebagai tempat iklan untuk direview. 

Yah, hitung-hitug blog Saya tetap rapi sampai ada informasi resmi dari adsense dan mulai ada iklan di blog. Selama masa penantian kabar dari adsense, Saya tetap menerbitkan artikel-artikel yang baik dan tidak melanggar kebijakan adsense. 

Demikian pengalaman yang dapat Saya ceritakan , dengan maksud apabila Sobat ingin mengajukan blog Sobat menjadi publisher google, maka hal-hal yang Saya share ini dapat dijadikan referensi sehingga blog sobat tidak perlu ditolak seperti pengalaman Saya. 

Happy Blogging!
Related Posts
Wandy Punang
Senang Belajar Otodidak

Related Posts

Posting Komentar