-->
aOGEZI57OQn5yP1hBMFB2o83mW9XQR0xpYfzSrtQ

Bukan Semata Menjadi Publisher, Inilah Tujuan Saya Membangun Blog

Blog adalah sebuah mimbar khusus yang memudahkan siapa saja untuk membuat artikel dan menyampaikannya secara berkala, lalu orang lain bisa membaca dan berkomentar melalui tulisan pula. 

Blog layaknya sebuah lembaran buku yang bisa dibaca oleh orang lain. Atau dengan kata lain , blog adalah sebuah perpustakaan yang dapat dibaca oleh siapa saja, dari mana saja,dalam waktu yang bersamaan dan dengan alat komnikasi yang tersambung ke internet.

Nah, seseorang yang membangun blog atau sebuah perpustakaan online ini pasti memiliki tujuan. Sejauh ini, ada beberapa tujuan yang Saya bawa dalam membangun blog.
source : www.unplash.com
1. Promosi barang dan jasa. Pada awal Saya membuat blog, tujuan Saya adalah mempromosikan barang dan jasa. Walaupun waktu itu hanya sebatas tugas kuliah, tapi manfaatnya memang sangat Saya rasakan. Semenjak tulisan Saya tentang sebuah produk telah posting di blog, Handphone Saya berdering beberapa kali dalam seminggu menanyakan produk yang Saya jual, walaupun aslinya adalah Saya tak punya produknya. 

Lalu, dalam suatu kesempatan, kepala desa kami menginformasikan secara umum kepada masyarakat bahwa dinas pariwisata tertarik dengan sebuah tempat wisata di desa ini setelah membaca sebuah artikel dalam blog Saya. memperkenalkan potensi daerah juga menjadi salah satu tujuan adanya weblog ini.

2. Belajar membuat website. Sebuah website tak jauh beda pembuatannya dengan sebuah blog. Hanya berbeda pada segi konten, update, arah komunikasi , gaya bahasa, pengelolaan dan juga subscriber. Ini akan Saya terapkan ketika Saya telah memilki sebuah perusahaan. Aminkan ya Sobat.

3. Belajar secara Otodidak . Asyik memang apabila kita melakukan hal-hal yang belum kita ketahui. Sampai saat ini masih sangat banyak rahasia-rahasia blogging yang belum Saya dapat. Karena itu Saya masi sangat aktif belajar secara otodidak untuk urusan optimazion blog. Bagi Saya sebuah ilmu akan sangat berharga apabila itu didapat dari sebuah penglaman secara otodidak. Sudah beberapa kali Saya gagal dalam mengedit tema blog, memasang widget dan terakhir adalah menghubungakn situs penyedia domain dengan hosting google. 
Dengan bantuan google search Saya bisa mengatasi itu. Ini adlah pengalaman baik yang Saya dapat dan dapat dikatakan sebagi sebuah ilmu.

4. Tempat menyalurkan pendapat. Apabila kamu tak bisa berkata-kata secara langsung kepada kalayak, blog bisa jadi panggung yang baik untuk bisa menyatakan pendapat. Tulisan-tulisan yang dipublikasi di blog apabila mengandug konten yang positif dan merepresentasikan kebutuhan dan tujuan yang diharapkan oleh banyak orang, maka kemungkinan besar postingan itu akan diviralkan. Efeknya adalah pendapat menjadi tersampaikan secara luas dan menjadi konsumsi public. Di saat inilah reputasi blog dan nama Saya sebagai penulis akan naik.

5. Tempat menyimpan hal-hal penting yang Saya baca. Setiap hari Saya menyempatkan diri untuk membaca artkel-artikel yang dibagikan di social media. Hal-hal penting akan Saya rangkum dan selanjutnya akan Saya tulis kembali dengan gaya bahasa yang berbeda. Membaca lalu menulisnya kembali akan lebih menambah pengetahuan dan wawasan. Bukankah begitu Sobat?

6. Berbagi pengetahuan. Tujuan ini merupakan kelanjutan dari tujuan nomr 5. Telah Saya dapat ucapan terima kasih dan apresiasi atas artikel yang dibaca oleh netizen melalui pesan pribadi. Walapun itu dari mereka yang merupakan teman dan keluarga, akan tetapi setidaknya tujuan dari membangun blog tentang berbagi pengetahuan sudah sedikit menujukan dampaknya.

7. Belajar menulis dengan baik. Saya memang tak punya pendidikan khusus dalam menulis. Hobi menulis ini memang muncul ketika Saya mengenal blog. Karena Sebuah konten dalam blog harus bisa menghadirkan yang berkualias maka Saya tertantang untuk bisa menulis dengan baik. Berlatih menulis secara sistematis, berkelanjutan dan penuh disipilin setiap minggu merupakan cara yang akan Saya lakukan untuk bisa menulis dan mengadirkan konten yang lebih berkualitas dalam blog ini. 

Itulah beberapa hal yang menjadi tujuan Saya dalam membangun blog ini. tujuan ini pasti akan berkembang dari waktu ke waktu, tapi tujuan untuk bisa menjadikan blog ini sebagai sumber bacaan yang baik bagi pembaca akan tetap Saya pertahankan. Karena Saya ingin berbagi pengetahuan kepada generasi setelah Saya.

Seperti kata Pramoedya Ananta Toer “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. 

Tetap pantau terus blog ,ini dan Salam sukses Sobat…
Related Posts
Wandy Punang
Senang Belajar Otodidak

Related Posts

1 komentar

  1. Keren bro,saya juga pernah menulis kisah seperti ini disalah satu artikel di blog saya www.florestanahku.com. terus semangat ya, ingat poin nomor 4 diatas tadi Tempat menyalurkan pendapat. Thans sudah kunjung ke blog saya, dan inin share ya

    BalasHapus