-->
aOGEZI57OQn5yP1hBMFB2o83mW9XQR0xpYfzSrtQ

Jagung Titi Akan Lebih Nikmat Apabila Dimakan Dengan ini. Silahkan Coba..!!

Jagung titi adalah sebuah makanan local bagi beberapa daerah di Nusa Tenggara Timur. Jagung titi pertama kali dikenal di daerah suku Lamaholot yang meliputi flores timur, adonara, solor, Lembata dan juga alor pantar. Perlakuan terhadap jagung titi dalam mendapatkan kenikmatan menyantap pun bervariatif. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa dihadirkan untuk menemani jagung titi atau emping khas NTT ini. 
1. Kacang Tanah. Kacang tanah ini digoreng atau disangrai dalam wajan terpisah dan dimakan bersama-sama dengan jagung titi. Perpaduan makanan jagung titi dan kacang tanah ini sudah tak sukar untuk sobat temui, karena sudah banyak dijual di pasar, dan di pelabuhan sebagai cemilan. Sayangnya untuk kemasan secara modern belum pernah saya temui. 
2. Ikan teri yang sudah dikeringkan. Ikan teri yang dimaksud disini adalah ikan kering yang telah digoreng yah sobat. Tinggal digoreng secara terpisah dan sobat bisa langsung menikmatinya. Sederhana saja bukan? 
3. Sayur daun kelor. Sayur ini dikenal dengan istilah Sayur Lima menit, karena prosesnya yang simpel. Ini adalah makanan favorit peneman jagung titi untuk kebanyakan orang. Selain manfaat nya sebagai pelembut jagung titi, daun kelor juga punya banyak manfaat untuk kesehatan.. Sop kelor ini harus dicampur dengan jagung titi saat masih panas, kenikmatannya beda bila dibandingkan dengan sop kelor yang sudah dingin. 
4. Gurita Kering. Gurita kering yang diproses tanpa bahan pengawet, memang punya rasa yang khas. Gurita kering dibakar atau digoreng bisa jadi teman yang baik untuk dimakan bersama jagung titi. 
5. Lawar . Lawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang atau ikan yang dibumbui secara merata. Lawar merupakan sebuah menu yang banyak ditemui disini. Ada berbagai macam lawar. Ada yang berbahan dasar dari ikan teri segar, dari ikan pari, dari buah jantung pisang yang dibakar, dan masih banyak lagi. 
6. Kuah bersantan. Makanan bersantan memang sudah punya rasa yang gurih. Gurih santan apabila dipadukan dengan gurih jagung titi,wow..semakin menambah selera makan. 

Demikialah beberapa makanan yang dapat saya sajikan sebagai referensi sobat dalam mencoba perpaduan rasa yang unik dari jagung titi. Beberapa yang Saya sajikan ini adalah berdasarkan pengalaman, dan informasi yang dapat Saya himpun dari beberapa kalangan penikmat jagung titi. Jagung titi bisa menjadi teman minu kopi dan teh di pagi dan sore. Bagi kaum laki-laki, kadang-kadang menggunakan tradisional alcohol atau tuak untuk melengkapi kenikmatan jagung titi ini. Sobat dapat mencoba ini, dan apabila ada referensi akan jagung titi yang juga nikmat bila disantap dengan makanan yang lain,selain dari yang Saya sebut diatas,silahkan tinggalkan komentar. Kita Lestarikan makanan local Indonesia. Salam dari Lewo….
Related Posts
Wandy Punang
Senang Belajar Otodidak

Related Posts

1 komentar