-->
aOGEZI57OQn5yP1hBMFB2o83mW9XQR0xpYfzSrtQ

Mingar White Sand Beach, Pantai Unik Yang Selalu Berubah Wujud

Pantai Pasir Putih Mingar (Mingar White Sand Beach) terletak di Desa Pasir Putih Kecamatan Nagawutung Kabupaten Lembata. Pantai ini terletak di bagian barat dari Desa Lolong yang juga punya pesona bahari di Tanjung Tobirudu dan Teluk Pata Pu'u.
Baca Juga: Tobirudu : Pesona Bahari Yang Tersembunyi Di Lembata 

Pantai pasir Putih Mingar adalah sebuah sebuah situs pariwisata yang telah diakui oleh pemerintah kabupaten Lembata. Jarak dari ibu kota kabupaten sekitar 25 km, dan waktu tempuh dari kota Lewoleba kurang lebih 2 jam menggunakan mobil, 1,5 jam menggunakan sepeda motor, dan pastinya tergantung kecepatan joki Sobat bukan ?

Karena urusan pekerjaan , Saya  pada minggu ke-tiga dalam bulan selalu berada di tempat ini. Pantai Mingar  terlihat ramai. Terlihat banyak orang Lewoleba yang datang bersama keluarga, dan ada juga yang datang dari desa-desa tetangga. Turis dari mancanegara pun bertandang kesini. 

Mingar White Sand Beach
Admin Bersama Anak Desa dan Salah Seorang Wisatawan Dari Australia
Pantai pasir putih ini terbentang sekitar 5 km dari pesisir Mingar sampai pada sebuah dusun (dusun watanlolo) yang tergabung dalam pemerintahan Desa Pasir Putih. Pantai ini memiliki pasir yang berbeda, tidak sehalus pasir putih di pulau Bali dan di tempat-tempat lainnya. Pasir di pantai ini sedikit lebih besar dan lebih putih. Saya mengatakan demikian karena Saya telah membuktikannya. 

Pantai Pasir Putih Mingar adalah sebuah pantai yang selalu berubah wujud. Siklus perubahan pantai ini biasa terjadi pada bulan April hingga Januari. Selama 10 bulan itu, pantai akan dipenuhi pasir putih. Panjangnya sekitar 5 kilo meter. Namun pada bulan Februari hingga Maret, sebagian pasir terseret ombak, dan hanya tersisa batu karang dan sedikit pasir hitam. 

Jangan khawatir dulu Sobat, karena pada masa perubahan ini, Sobat tetap dapat menikmati suasana pantai berpasir putih. Hanya sebagian saja dari pantai ini yang berbatu. Area utama yang menjadi tujuan wisata anda di Pantai Mingar ini tak mengalami perubahan. 

Karena pantainya, Mingar kini menjadi salah satu tujuan wisata manca negara. Sayang di sekitar pantai tidak tersedia penginapan. Saya pernah ikut ambil bagian dalam persiapan,untuk tour sekelompok wisatawan mancanegara yang menggunakan jasa Indoleisure Travel (www.indoleisure.net). Turis-turis mancanegara itu kami titipkan di rumah warga yang kami jadikan sebagai homestay.

Tim Indoleisure Travel Bersama Turis Dari China.
Lokasi : Pesisir Pantai Mingar
Telah tersedia beberapa lopo atau tempat-tempat istirahat yang dibangun pemerintah untuk mendukung situs wisata ini. Pada bulan februari tahun 2019, telah digelar sebuah festival oleh pemerintah kabupaten Lembata di pantai ini, dan semoga menjadi ageda tahunan pemerintah kabupaten. 

So, bagi para praktisi pariwisata yang mungkin saja nyasar ke blog Saya dan membaca tulisan sederhana ini, jangan ragu untuk mengundang calon customer anda untuk datang di Pantai Mingar. Saya menantikan cerita darimu Sobat. Selamat berwisata..!! 
Related Posts
Wandy Punang
Senang Belajar Otodidak

Related Posts

Posting Komentar