-->
aOGEZI57OQn5yP1hBMFB2o83mW9XQR0xpYfzSrtQ

Sejarah Desa Lolong

Desa Lolong adalah Sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Nagawutung Kabupaten Lembata Propinsi Nusa Tengara Timur. Desa Lolong merupakan sebuah desa kecil dengan jumlah penduduk sekitar 300 jiwa. 
Foto Desa Lolong,
Melalui Tampilan Satelite Google Maps
Desa Lolong sebutan sekarang, pada mulanya adalah sebuah kampung kecil yang terbentang di lereng Nogo Gunung yang dikenal dengan nama Kampung Labanawo. Disana tinggallah orang – orang dari suku dan asal yang berbeda – beda . 

Menurut sejarah asal usul masing-masing suku ini, ada 7 (Tujuh) suku yang tinggal dan menetap di Kampung Labanawo yaitu , Suku Lama Lele (Lele), Suku Ria Geraj (Geraj), Suku Lewugolok (Blolong A), Suku Dorokone (Blolong B),Suku Atapune (Punang), Suku Lamajawa (Jawang), dan Suku Wungasura (Sura). 

Pada masa itu Kampung Labanawo dipimpin oleh Kepala Kampung, yaitu Bapak Fransiskus Balik Blolong dan setelah itu digantikan oleh Bapak Yoseph Sinu Blolong. 

Pada tahun 1968 Kampung Labanawo resmi bergabung dengan Desa Pasir Putih (Mingar). seiring dengan pembentukan Desa Gaya Baru, sejak saat itu nama Kampung Labanawo diganti dengan “Lewoblolong” dan menjadi wilayah bagian dari Pemerintahan Desa Pasir Putih, yakni “Dusun D - Lewoblolong” sekitar 32 tahun lamanya. 

Sejak tahun 1993 Dusun D - Lewoblolong yang merupakan bagian dari wilayah Pemerintahan Desa Pasir Putih dipersiapkan untuk menjadi Desa Definitif dengan nama “Desa Persiapan Lolong”. Selama kurun waktu 7(Tujuh) tahun persiapan untuk menjadi desa definitif terus dilakukan pembenahan baik oleh Aparat Pemerintah Desa Pasir Putih dan juga masyarakat Dusun D Lewoblolong itu sendiri. 

Akhirnya pada tanggal 08 Maret Tahun 2000 Desa Persiapan Lewoblolong berubah status menjadi Desa Definitif dengan Nama Desa Lolong, dan berturut – turut Desa Lolong dipimpin oleh kepala Desa sebagai berikut . 

Pada awal terbentuknya Desa Lolong pada tahun 2000 sampai 2002, Desa Lolong dipimpin oleh Bapak Gaspar Demon Blolong. 

Lalu pada tahun 2003, melalui mekanisme pemilihan langsung oleh masyarakat desa, maka desa Lolong mempunyai kepala Desa Baru bernama Bapak Kamilus Bala Blolong. 

Selanjutya pada tahun 2007 dan tahun 2013, juga melalui mekanisme pemilihan secara langsung , Bapak Konstantinus Kia terpilih menjadi Kepala Desa Lolong, dan menjabat sampai sekarang. 


Referensi : Dokumen RPJMDes Lolong 
Related Posts
Wandy Punang
Senang Belajar Otodidak

Related Posts

2 komentar

  1. Terima kasih buat aparat pemerintah desa lolong dgn pemberitaan ttg desa lolong maka semua orang dpt mengenal desa lolong terutama anak cucu serta keluarga yg jauh di perantauan...thanx my brother....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih..terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini.

      Hapus