-->
aOGEZI57OQn5yP1hBMFB2o83mW9XQR0xpYfzSrtQ

Hubungan Gejala dan Masalah Dalam Pengambilan Keputusan

Pengertian Gejala 
Gejala adalah keadaan yang menjadi tanda-tanda akan tumbuhnya atau timbulnya sesuatu. Gejala merupakan suatu kondisi yang dihasilkan oleh masalah. 

Ilustrasi Hubungan Gejala dan Masalah
Photo by Emily Morter on Unsplash

Gejala biasanya lebih mudah terlihat dibandingkan dengan masalah. Gejala tidak menjelaskan apa yang sesungguhnya terjadi secara keseluruhan. 

Secara umum karakteristik dari gejala yaitu menggambarkan masalah yang saling berhubungan dan Mengikuti kaidah gunung es.

Pengertian Masalah 
Masalah merupakan suatu keadaan atau kejadian yang merugikan atau berpotensi akan merugikan perusahaan dengan cara negatif, atau sebaliknya, yaitu hal yang menguntungkan atau berpotensi menguntungkan bagi organisasi atau perusahaan dengan cara positif. 

Masalah juga merupakan hal atau kejadian yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan. Masalah adalah suatu kendala atau persoalan yang harus dipecahkan, dengan kata lain masalah merupakan kesenjangan antara kenyataan dengan suatu yang diharapkan dengan baik agar tercapai tujuan dengan hasil maksimal. 

Pentingnya penyelesaian masalah bukan didasarkan pada jumlah waktu yang dihabiskan tetapi pada konsekuensinya. Serangkaian keputusan untuk menyelesaikan suatu masalah mungkin hanya membutuhkan sedikit waktu namun dapat mempengaruhi laba bagi organisasi atau perusahaan hingga ratusan atau jutaan rupiah 

Hubungan Gejala dengan Masalah 

Masalah yang dihasilkan atau dimiliki oleh suatu perusahaan ataupun organisasi, dapat terekam dan juga diketahui dengan melihat gejala-gejala yang ada dalam suatu proses bisnis dan juga dalam pekerjaan keseharian yang dilakukan oleh organisasi tersebut. Oleh karena itu, gejala dapat dimaksudkan sebagai “sesuatu yang muncul karena adanya suatu masalah”. 

Sebagai contoh ! 

sebanyak 37 negara bagian dan Washington DC mengalami penurunan tingkat pengangguran selama bulan Mei, menurut angka yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat. 

Hal ini menandakan gejala penurunan ekonomi telah terjadi di Amerika Serikat. 

Tulisan ini adalah sebuah tugas dalam mata kuliah teori pengambilan keputusan. Saya bagikan disini sebagai referensi untuk sobat yang mungkin sedang membutuhkan. Referensi tulisan ini dari buku Dasar-Dasar Manajemen, George R Terry dan Leslie W. Rue.. Jakarta : PT Bumi Aksara Jakarta, 1992
Related Posts
Wandy Punang
Senang Belajar Otodidak

Related Posts

Posting Komentar